Jumat, 13 Februari 2015

Saya Menyesal Belajar Teknik Komputer Jaringan


Saya Menyesal Belajar Teknik Komputer Jaringan


Selama ini, ketika saya duduk di bangku SMK dengan memilih TKJ (Teknik Komputer Jaringan) sebagai jurusan kompetensi keahlian saya. Kini telah membuat hidup dan kepribadian saya menjadi berubah sangat cepat. Perubahan ini tidak saya sadari disaat saya mengenal, memahami dan mempelajari mengenai seluk beluk dari dunia komputer. Saya lebih cenderung ingin selalu lebih bisa, belajar dan terus belajar, mencoba dan mengaplikasikan ilmu yang telah saya pelajari dalam dunia kerja.
Saya merasa senang dengan dengan kompetensi keahlian ini, banyak hal yang menarik,unik dan menantang dari teknik komputer jaringan daripada teknik jurusan lain di sekolahku. Pada jurusan TKJ saya belajar tentang perakitan komputer, instalasi jaringan,instalasi system, software, driver, perbaikan dan sebagainya, masih banyak lagi yang belum dipelajari. Terus apa yang membuat saya menyesal dengan belajar TKJ, sebagai jurusan saya? terus terang saja saya sangat menyesal kenapa tidak dari dulu pada saat duduk di bangku SD ataupun SMP saya belajar computer!, dengan begitu saya lebih banyak pengetahuan, dan wawasan mengenai dunia komputer jaringan lebih jauh.
Saya memilih dan memutuskan secara matang dan bijak dengan kompetensi teknik komputer jaringan sebagai keahlian saya, saat mendaftarkan diri untuk bersekolah di kejuruan. Mengapa tidak, karena sekarang ini jurusan TKJ merupakan jurusan yang menurut saya sangat banyak peminatnya mulai dari teman, teman dari teman saya, sampai senior sepermainan saya, semua memilih jurusan komputer atau TKJ. Meskipun banyak juga saingan dari jurusan TKJ yaitu jurusan RPL (Rekayasa perangkat lunak) jurusan multimedia, jurusan elektronika dan lain-lain.  Jurusan TKJ sangat mudah untuk dipelajari hanya modal kemauan, niat untuk belajar dan belajar dan konsisten. Saya juga dulu mengerti apa itu TKJ, namun setelah sekolah di jurusan ini saya jadi banyak tahu mengenai bagaimana memperbaiki PC, menginstalasi Jaringan LAN maupun yang lainnya.

PELUANG JURUSAN TKJ DALAM MENCAPAI KERJA – catatan saya
Tenaga kerja dari lulusan TKJ akhir-akhir ini saya lihat informasi dari guru,teman dan media masa masih terbuka luas, bagi siswa-siswa yang benar- benar mampu menguasai ilmu dan pelajarannya (konsisten pada bidangnya). Hal ini dapat kita lihat dari perkembangan teknologi informasi dan komputer, baik perangkat lunaknya (software) maupun perangkat kerasnya (hardware). Lulusan Teknik Komputer akan mampu mengoperasikan dan mengembangkan pemanfaatan produk teknologi informasi, khususnya produk perangkat lunak, membuat program aplikasi skala kecil dan menengah, mengelola siklus hidup suatu perangkat lunak, menganalisis, merancang dan mengimplementasikan suatu sistem informasi berbasis komputer, mengelola pusat komputasi termasuk aspek manajemen data, administrasi data, kontrol pelaksanaan prosedur dan aliran informasi; mampu berkomunikasi formal dengan stakeholder dan memiliki wawasan tentang kecenderungan aplikasi informatika dan teknologi.
Prospek kerja bagi lulusan Teknik Komputer sangat banyak diantaranya sebagai System Engineer, Network Engineer, Network Professional, Embedded system Engineer, R&D Engineer, Robotics Engineer, Control Engineer, IT Consultant, Technopreuneur dan Computer Engineering Lecturer.

Adapun Dunia Kerja Yang Akan Menampung Lulusan TKJ Antara Lain
  1. Semua Perusahaan yang menggunakan teknologi komputer dan jaringan (misal : BUMN, BANK, Perusahaan-Perusaan, dll).
  2. Kantor-kantor pemerintah.
  3. Sekolah-sekolah.
  4. TSS (Technical Support System)
  5. Tempat-tempat servis komputer.
  6. ISP (Interner Service Provider)
  7. Instalasi jaringan komputer
  8. Warnet (Warung Internet)
  9. Rental Komputer
  10. PT.indosat
  11. Dll.

MENGENAI TKJ
Teknik komputer jaringn menurut saya adalah teknik system komputer , suatu disiplin ilmu yang mengkombinasikan teknik elektro dan ilmu komputer dan jaringan. TKJ merupakan program keahlian yang bertujuan membekali peserta didik dengan ketrampilan , pengetahuan, dan sikap, agar kompeten dalam merakit komputer/jaringan, menginstal program, merawat dan memperbaiki komputer beserta perangkatnya
TKJ merupakan program keahlian di suatu SMK Negeri maupun Swasta, siswa TKJ diakui kemampuannya oleh kalangan dunia kerja Tujuan Program Keahlian :

1.       Menginstal perangkat jaringan berbasis local
2.       Menginstal perangkat jaringan berbasis luas (global)
3.       Menginstal perangkat computer personal dan menginstal system operasi dan aplikasi
4.       Merancang bangun dan mengadministrasi jaringan berbasis luas


4 komentar:

  1. Saya lulusan jurusan tkj dan sekarang saya ingin mengambil jurusan informatika dan konon itu sangat wow harus berotak memang.dan saya sedikit cemas bagaimana kedepannya dengan kemampuan matematika saya yang kini aduh malu kalo diceritakan padahal dulu tidak begini mungkin ntah faktor apa yang membuat matematika saya jadi down. Dan saya berharap jurusan informatika itu tidak se seram yg saya bayangkan

    BalasHapus